INDONESIA EXPEDITION

05 May 2020

Pemandu Gunung Cuanki

Jakarta - Sofyan Arif Fesa, pemandu gunung dengan segunung pengalaman. Baru mulai memandu pada 2013. Dua tahun setelah menyelesaikan pendakian Seven Summit dunia. Daftar pemanduannya sudah menghabiskan tiga halaman presentasi acara Secangkir Kopi APGI. Sudah 32 perjalanan memandu pribadi dan mengorganisasi pendakian sambil memandu. Daftarnya sampai ke Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa dan Asia di Nepal rumahnya delapan dari 14 puncak 8.000meter.

“Kita kalau di Bandung, suka becanda bilang kerjaan kita itu ‘Cuanki’.” Jawabnya ketika ditanya  mengenai jaga semangat pada profesinya. Cuanki adalah istilah dagang untuk bakso yang biasa diusung dengan pikulan. Iyan, begitu Sofyan Fesa dipanggil, menjelaskan, cuanki dipanjangkan jadi ‘cari uang jalan kaki.’ Maksudnya, jalan kaki-nya Iyan, akan menghasilkan uang.

Iyan memesankan untuk tetap tekun, tetap semangat. Ia juga  mendorong untuk tetap bangun sambil mimpi. “Kalau ada kepengen kemana, terus aja, ke Timur Tengah, ke Asia Tengah, guiding di Khirgistan, kalau kita pelajari, kita mimpi, in syaa Allah bisa kejadian.”

Buktinya? Ya lihat saja daftar pemanduan di gunungnya yang sudah mendunia berjumlah puluhan itu. (ads)